Esay
Masalah pelayanan Kesehatan di Indonesia
Pelayanan
kesehatan masyarakat dibentuk sebagai upaya pemerintah untuk membentuk
pembangunan kesehatan yang dibentuk untuk mensejahterakan masyarakat prihal
kesehatan guna meningkatkan akses kualitas hidup masyarakat. Hidup sehat adalah
investasi hidup menuju kesejaheraan karena kesehatan sangat penting untuk
dijaga, masyarakat yang sehat dapat meningkatkan standar hidup mereka dan
mendorong terciptanya tujuan bangsa untuk meningkatkan produktivitas sumber
daya manusia. Tetapi indonesia masih belum menciptakan keadilan ksehatan bagi
seluruh masyarakatnya. Salah satu masalah kesehatan di Indonesia adalah masalah
pelayanan kesehatan, di beberapa rumah sakit negeri atau swasta, puskesmas, dan
klinik kesehatan banyak ditemukan pelayanan yang tidak memuaskan.
Petugas
pelayanan sering lalai dari tugasnya untuk melayani masyarakat. Banyak kasus
kematian di Indonesia disebabkan karena pelayanan yang tidak baik, beberapa
masalah penting yang harus diperhatikan di pelayanan adalah penanganan pasien
gawat darurat, penanganan kesehatan bagi masyarakat miskin
dan penanganan gizi buruk.
Contoh
dari kasus masalah pelayanan kesehatan adalah kurangnya simpati petugas
pelayanan kesehatan terhadap pasien. Pasien yang sudah gawat darurat tetapi
tidak ditangani dahulu sebelum membayar administrasi, padahal tugas seorang pelayanan
kesehatan adalah melihat siapa pasiennya bukan siapa yang menjadi pasien tetapi
hal itu sering tidak ditanamkan pada petugas pelayanan kesehatan di Indonesia
di pusat pelayanan keshatan masyarakat, kurangnya tenaga kerja di pusat
pelayanan kesehatan tersebut juga menjadi masalah pokok pelayanan kesehatan
karena jika terjadi lonjakan pasien di pusat pelayanan tersebut maka artinya
banyak pasien yang harus sabar mununggu untuk ditangani tetapi penyakit mereka
harus cepat ditangani, petugas pelayanan kesehatan yang tidak ramah pada
pasiennya juga masalah umum di pusat kesehatan, mereka justru sering tidak
menanggapi keluhan para pasien dan bersikap dingin dan tidak sabar menghadapi
mereka dengan sifat yang berbeda-beda dan keluhan penyakit yang berbeda-beda,
kurangnya penaganan gizi buruk, tidak teraturnya pelayanan kesehatan gratis
untuk masyarakat dan pembedaan sikap melayani para pasien, keterjangkauan dan
pemerataan pusat pelayanan di daerah-daerah Indonesia dan tenaga kerja medis,
kurangnya alat-alat yang mendukung pada pusat pelayanan kesehatan, sehingga
banyak pasien yang harus dirujuk ke pusat kesehatan lain, kurangnya jumlah
obat-obatan di beberapa pusat pelayanan dan penjaminan mutu obat yang
berkualitas. Seorang petugas pelayanan kesehatan harus mempunyai sikap yang
ramah, baik, dan mengabdikan dirinya pada masyarakat. Untuk masyarakat Indoesia
kini sudah diberlakukan BPJS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang murah
dan pemerataan pelayanan kesehatan, tetapi solusi itu belum menyelesaika
masalah pelayanan kesehatan di Indonesia.
Solusi
dari masalah pelayanan kesehatan yaitu
lebih bersikap simpati dan menghormati pasien, penanganan gizi buruk dan
pelayanan kesehatan gratis dilakuakan disetiap daerah bermayoritas miskin dan
masyarakat miskin didaerah-daerah lainnya dengan teratur dan rata disetiap
daerah, pemerataan tenaga medis dan pusat pelayanan di daerah terpencil agar
didaerah sulit transportasi dapat tetap diberikan pemenuhan kesehatan mereka,
pemenuhan alat-alat kesehatan disetiap pusat pelayanan, pemenuhan dan
penjaminan mutu kualitas obat-obatan yang baik untuk dikonsumsi masyarakat.
Langkah-langkah
pengupayaan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarak
perlu diperbaiki baik pusat pelayanan milik pemerintah maupun swasta agar
terwujudnya tatanan masyarakat yang sejahtera dan berkualitas dan peningkatan
produktivitas sumber daya manusia dapat lekas tercapai. Masalah pelayanan yang
tidak ditinjau dengan baik maka cita-cita bangsa untuk pemenuhan kualitas
kesehatan harusdiundur. Masalah pelayanan kesehatan masyarakat harusnya menjadi
tanggungjawab bersama antara pemerintah dan petugas pelayanan medis dan
masyarakat sekitar untuk saling menjaga kesehatan dan peduli terhadap
lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar